Wednesday, September 19, 2012

PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL Wisata Alam Goa Pindul



PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Wisata Alam Goa Pindul 

Goa Pindul, memang nama yang asing dan baru kita dengar. Goa yang berada di Desa Bejiharjo, Karangmojo ini adalah sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Gunungkidul. Objek wisata Goa Pindul merupakan objek wisata minat khusus, yaitu berupa penelusuran goa sepanjang 300 meter dengan menggunakan alat pelampung berupa ban. Pengelola menyediakan menyediakan peralatan serta pemandu untuk penulusuran itu. Untuk paket standar, tarif yang dipatok berkisar antara Rp. 25 ribu – Rp. 30 ribu. Dengan membayar biasa tersebut, wisatawan akan mendapat fasilitas berupa pemandu, peralatan, snack ala desa, semangkuk bakso dan segelas teh rosela. Selain itu pengelola juga menyediakan paket tambahan bagi wisatawan yang menginginkan, seperti outbond, homestay berupa rumah khas penduduk dengan dinding bambu, pemancingan dan rumah makan.
Wisata Alam Goa Pindul

Wisata Alam Goa Pindul

Memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk melakukan penelusuran goa ini. Dengan peralatan yang lengkap dan tingkat safety yang sudah teruji, wisatawan akan didampingi pemandu yang ramah dan siap membantu. Jalannya penelusuran goa menjadi terasa spektakuler jika menggunakan baju pelampung. Dengan baju pelampung berwarna mencolok, sepatu karet berwarna putih, dan senter di kepala, aktivitas susur goa dengan aliran air didalamnyapun dimulai.

Wisata Alam Goa Pindul

Wisata Alam Goa Pindul
Masuk kedalam mulut goa kita memasuki zona pertama, yaitu Zona Terang. Kita masih bisa menyaksikan keindahan dalam goa dengan jelas yaitu stalagmit, kelelawar dan ornamen batu. Perjalanan ke mulut goa dengan lebar sungai sekitar 5 meter dengan kedalaman hampir 8 meter, makin seru dan menantang.

Usai zona pertama, kini memasuki zona kedua yaitu Zona Remang, kondisi cahaya yang semakin berkurang membawa kita menuju pertengahan Goa Pindul. Di Zona Remang sudah terdapat fenomena yang beda dengan zona sebelumnya, yaitu jenis kelelawarnya dan stalagmit yang berbeda. Pemandangan kelelawar yag bergelantungan juga menambah petualangan di dalam goa semakin asyik.

Penelusuran dilanjutkan ke zona ketiga yaitu Zona Gelap, dimana memang sudah tidak ada terlihat cahaya lagi. Hanya mata dari kelelawar dan suara khas di dalam goa serta gemercik air yang mengiringi. Di dalam zona ini sering digunakan untuk renungan dan juga sebentar merasakan kehidupan tanpa indra penglihatan.

Wisata Alam Goa Pindul

Wisata Alam Goa Pindul
Dapat kita jumpai di dalam goa sebuah Stalagmit Jantan, konon barang siapa mengelus-elus akan jadi perkasa, ini buat cowok. Dan ada juga Stalakmit Puting masih aktif, katanya kalau minum tetesannya akan menjadi subur bagi wanita dan airnya juga menambah cantik. Ada juga stalagmit dan stalagtit yang menyatu, menjadi yang terbesar ke-4 di dunia.

Butuh 5 orang untuk melingkarinya, bahkan celahnya hanya cukup dilewati satu orang saja. Keindahan semakin lengkap dengan adanya ornamen disepanjang dinding goa seperti mahakarya lukisan abstrak yang tak ternilai, mata kristal kelelawar bergelantungan yang menghiasi lorong goa. Terdapat juga tirai yang tersusun dari tetesan air didinding goa.


Sebelum keluar terdapat lorong cahaya masuk ke dalam goa, dan terlihat jelas jenis kelelawar besar (kalong) bergelantungan. Hingga akhirnya kita keluar dari sisi lain mulut goa dan pemandangan luarpun terlihat. Masih dengan pakaian basah kuyup, kita harus kembali ke Sekretariat Dewa Bejo (Desa Wisata Bejiharjo). Disini wisatawan tidak perlu bersusah payah mencari makanan. Sekretariat Dewa Bejo sudah menyiapkan segelas teh rosalia dan semangkuk bakso yang siap disantap. 

Wisata Alam Goa Pindul

Untuk menuju lokasi objek wisata Goa Pindul juga tidak sulit. Jika dari Yogyakarta Rute Normal: melewati jalan Yogya Wonosari – Bukit Bintang – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan Grogol belok kiri – masuk Desa Bejiharjo. Kemudian jika melalui jalur alternatif kedua atau Rute Wisata: melewati jalan Yogya Wonosari – Bukit Bintang – Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba – Desa Wisata Bobung (kerajina topeng) – Sambipitu – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono belok kiri – Perempatan Grogol belok kiri – masuk Desa Bejiharjo.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL Wisata Alam Goa Pindul

0 comments:

Post a Comment