Wednesday, September 19, 2012

PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL Desa Wisata Bobung


PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung
Puas berwisata atau beraktifitas di Kawasan Ekowisata Gunung Nglanggeran, wisatawan bisa langsung menuju Desa Wisata Bobung. Berjarak sekitar 3 km ke arah selatan Kawasan Ekowisata Gunung Nglanggeran, Desa Wisata Bobung terletak di Desa Putat Kecamatan Patuk. Disebut sebagai desa wisata karena mayoritas masyarakatnya adalah pembuat kerajinan topeng kayu, patung kayu dan aneka kerajinan kayu lainnya. 

Lebih dari itu keistimewaan dari Desa Wisata Bobung ini adalah selain hasil kerajinannya dicat maupun dibatik, di lingkungan desa ini sangat kental dengan keramahan serta aktifitas pedesaan yang masih tampak dilestarikan. Sehingga baik adat istiadat budaya yang masih dijaga juga seni budaya menyertai sebagai kesatuan pola prilaku masyarakat desa Bobung.
Desa Wisata Bobung

Dengan lingkungan pedesaan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon buah, suasana akan lebih mengesankan jika musim buah itu datang. Bagaikan bunga yang sedang mekar, disekeliling Desa Bobung dipenuhi dengan pohon-pohon buah terutama rambutan dan mangga.

Desa Wisata Bobung
Hasil karya masyarakat desa ini kebanyakan dibeli oleh para pengusaha maupun eksportir, sehingga jelas bahwa hasil produksi kerajinan tersebut terjual dan terekspor ke berbagai penjuru dunia.

Untuk itulah banyak orang-orang baik sebagai wisatawan, maupun pengusaha banyak yang berkunjung di daerah ini, bahkan banyak dari para pelajar ataupun mahasiswa yang turut belajar dari proses pemotongan pohon, proses pembatikan kayu hingga finishing. Sehingga masyarakat yang telah menyediakan rumah tinggalnya sebagai homestay semakin merasa mendapatkan hasil dari terpeliharanya lingkungan yang masih melestarikan budaya lokalnya.

Desa Wisata Bobung



Desa Wisata Bobung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PESONA WISATA KABUPATEN GUNUNGKIDUL Desa Wisata Bobung

0 comments:

Post a Comment