Wednesday, September 19, 2012

PESONA WISATA KABUPATEN KABUPATEN BANTUL Pantai Kuwaru



Secara umum, keindahan pantai sering terhalang oleh suasana panas. Panas yang membakar kulit inilah yang sering membuat kita enggan untuk bermain-main dengan air di tepi pantai. Namun pantai yang satu ini lain, Pantai Kuwaru namanya. Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Pandansimo ini adalah pantai yang teduh. 

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru


Secara administratif pantai tersebut masuk wilayah Dusun Kuwaru, Desa Poncosari Kecamatan Srandakan. Jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 29 kilometer. Hanya membutuhkan sekitar satu jam untuk menuju pantai ini, dan cukup mudah untuk menjangkaunya karena tersedia fasilitas jalan yang memadai. Di pantai ini selain wisatawan dapat menikmati deburan ombak pantai selatan, tersedia pula warung-warung makanan dengan sajian menu beragam. Satu hal yang membedakan dengan pantai lain di Bantul, di Pantai Kuwaru kita dapat menikmati hembusan angin pantai sambil makan ataupun bersantai di bawah rindangnya pohon cemara udang yang di tanam warga sejak enam tahun lalu.
Keberadaan pohon-pohon perindang yang tumbuh berjajar di sepanjang pantai merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain sedap dipandang, pohon-pohon ini sekaligus menjadi tempat berteduh para pengunjung sembari menghabiskan waktu di tepi pantai. Pantai dipenuh pohon cemara udang dan akasia. Warung yang ada di sepanjang jalan pasir juga digunakan sebagai rute Motor ATV sewaan. Soal harga jangan khawatir, semua harga standar. Soal sarana bermain, juga tidak kalah keren dengan pantai lain. Karena berenang di pantai Kuwaru dilarang, maka di sana tersedia banyak sekali kolam renang berbagai ukuran yang suasananya juga cukup bersih. Di pantai ini juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Tidak mahal, pengunjung penikmat seafood yang ingin makan hanya merogoh kocek Rp. 14 ribu untuk 1 kilogram ikan cakalang, ikan tuna Rp. 20 ribu/kilogram, ikan tongkol Rp. 10 ribu/kilogram, cumi-cumi Rp. 32 ribu/kilogram, udang Rp. 35 ribu/kilogram. Ikan yang telah dibeli dapat dimasak di warung-warung makan dengan biaya Rp. 5 ribu hingga Rp. 6 ribu per kilogram, dan rasa sesuai selera wisatawan.

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

 Pantai Kuwaru

Di areal Pantai Kuwaru juga banyak penjual yang menjajakan beragam jenis makanan mulai dari snack kemasan pabrik, kue tradisional hingga gorengan. Untuk wisatawan yang kehausanpun tersedia banyak pilihan, aneka es hingga ronde banyak dijumpai.
Potensi Pantai Kuwaru jika dikembangkan sebagai wisata kuliner sangat besar, karena belum diketahui oleh banyak wisatawan. Berwisata di pantai ini pengunjung belum ditarik biaya retribusi masuk. Penarikan biaya masuk pantai dan parkir untuk sementara diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah desa setempat, dikarenakan sarana dan prasarana yang ada belum memadai atau belum dibangun oleh pemerintah.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PESONA WISATA KABUPATEN KABUPATEN BANTUL Pantai Kuwaru

0 comments:

Post a Comment