Tuesday, September 18, 2012

PESONA WISATA KABUPATEN KULONPROGO : Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto


PESONA WISATA  KABUPATEN KULONPROGO : Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto
Kulonprogo selain mempunyai pantai yang membujur dari Congot di Kecamatan Temon hingga  Pantai Trisik di Kecamatan  Galur, sepanjang kurang lebih 24,8 kilometer dengan lebar 1,5 kilometer, yang membujur dari arah barat (muara Sungai Bogowonto) ke timur (muara Sungai Progo), dibatasi oleh Jalan Daendels. Kawasan pesisirnya merupakan wilayah yang memiliki potensi melimpah mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata sampai pertambangan.

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

 Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

Dermaga/Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto yang terletak di desa Karangwuni, Kecamatan  Wates yang dikerjakan sejak tahun 2004, sselain berpotensi untuk Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), objek wisata, juga mempunyai potensi tumbuh kembangnya perekonomian maupun industri baru dikawasan pantai ini nantinya.

Untuk menghidupkan wilayah ini dukungan infrastruktur seperti pelabuhan perikanan, pembangunan pabrik baja serta rencana pembangunan bandara akan semakin mendukung pengembangan industri lain. Karena keberadaan dari beberapa infrastruktur tersebut akan memicu  dan memacu investor masuk untuk pengembangan industri lain yang terkait dengan keberadaan dan pengembangan infrastruktur lainnya, bahkan untuk mempercepat tumbuhnya perekonomian di Kulonprogo.



Pengembangan pelabuhan perikanan menjadi Pelabuhan Samudera ‘Tanjung Adikarto’ di muara Sungai Serang, Desa Karangwuni, Kecamatan Wates, diharapkan akan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju negara maritim/bahari. Pelabuhan ini tempatnya sangat strategis, berada di antara pelabuhan Cilacap dan pelabuhan Banyuwangi (di samping pelabuhan Trenggalek dan Tulungagung), lokasinya hanya 1 km dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS/Daendeles), 3 km dari jalur jalan trans nasional selatan, dan 5 km dari double track kereta api (stasiun Kedundang). Nantinya jika bandara internasional di Kulonprogo terwujud, hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari calon lokasi bandara. Untuk mendukung pengembangan pantai, telah pula didirikan SMK Kelautan yang berjarak 2,5 km.

Pelabuhan Samudera ’Tanjung Adikarto’ yang direncanakan akan menjadi pelabuhan samudera terbesar di selatan pulau Jawa ini, diprediksikan pada saat beroperasi penuh nantinya (sekitar tahun 2010/2011) bisa untuk berlabuh kapal dengan bobot 150 GT, dan sebagai langkah awal diupayakan pada akhir tahun 2008 atau paling lambat awal tahun 2009 sudah dapat didarati kapal dengan bobot 30 GT. Di samping itu, pelabuhan ini diakui banyak pihak dapat dijadikan percontohan karena proses pembangunannya (baik dari sisi perencanaan, pembiayaan dan pengerjaannya) terdapat sinergitas antar pemerintah maupun antar departemen yaitu pemerintah Pusat (Departemen Kelautan dan Perikanan serta Departemen Kimpraswil), dan pemerintah Propinsi DIY (Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Kimpraswil) dan pemerintah Kabupaten Kulonprogo dengan melibatkan beberapa akademisi.

Untuk dapat menikmati objek wisata Glagah Indah beserta objek pendukung lainnya seperti Pelabuhan Perikanan terbesar di DIY yaitu Pelabuhan ‘Tanjung Adi Karto’, arena bermain dengan naik perahu, berenang dengan ban, wisatawan dari Congot harus naik kendaraan sendiri atau  ojek dari Jalan Jogja -  Porworejo dengan tariff sekitar Rp. 50.000,-. Glagah Indah kalau ditempuh dari Terminal Wates kurang lebih 30 menit arah selatan  Kota Wates. Di pantai itu telah tersedia berbagai masakan ikan laut dengan berbagai menu (kuliner) yang dapat dinikmati wisatawan.

Penginapanpun tinggal pilih, mulai dari harga yang terjangkau. Sarana jalan juga mulus mengelilingi pantai. Tanaman buah naga serta tanaman sayur-sayuran serta buah-buahan lainnya bisa dilihat wisatawan tatkala menyusur mengelilingi pantai.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PESONA WISATA KABUPATEN KULONPROGO : Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto

0 comments:

Post a Comment