Wednesday, September 19, 2012

PESONA WISATA YOGYAKARTA : Kuliner dan Jajanan Khas Tradisional


PESONA WISATA YOGYAKARTA :
Kuliner dan Jajanan Khas Tradisional 
Kuliner dan Jajanan Khas Tradisional
Bagi wisatawan yang suka akan kuliner tradisional tersedia di kawasan Kotagede, seperti kuliner Warung Es Sidosemi, Warung Bakmi Anglo, Warung Soto Mutihan (dulu Kemasan), jajanan pasar kue kipo, kue kembang waru. Juga tersedia kuliner yang modern seperti Restoran dan Café Omah Duwur.

Lokasi Warung Sidosemi terletak 100 meter sebelah selatan dari makam Hastarengga. Menu Khas Es Sidosemi antara lain es Kopi, es susu, es coklat, es teh, es buah, es sirup, es tape,  es bubur kacang ijo, dan bakso dengan irisan tomat.

Sedang Warung Bakmi Pak Djono terletak 50 meter dari Kompleks Watu Gilang ke selatan. Bakmi Pak Djono khas diolah dengan anglo (tungku api) yang menggunakan bahan bakar kayu arang, buka setiap malam hari. Warung Soto Mutihan terletak di dusun Mutihan  dengan menu ubarampe daun kemangi, baceman tahu maupun koro benguk, tempe keripik yang diremas, terus dicurahkan di kuah soto dicampur irisan gajih.  Soto Mutihan ini masih dikenal dengan sebutan soto kemasan karena asal mulanya dari dusun Kemasan. Jajanan kue kipo dan kembang waru bisa dijumpai di Pasar Kotagede dan sekitarnya.


Kuliner dan Jajanan Khas Tradisional
Kue kipo dan kembang waru bisa dijadikan oleh-oleh setelah mengunjungi Kotagede. Oleh- oleh bisa ditambah belanja di Pabrik Permen Coklat Monggo terletak di Timur Makam Hastarengga. Selain kue khas Kotagede, juga bisa dilengkapi berbelanja kerajinan perak yang banyak tersebar di Kotagede dan lebih lengkap mampir berbelanja di pusat pasar kesenian dan kerajinan XT Square 1.800 meter kearah barat dari lokasi Pasar Kotagede. (jis/dd/pnt)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PESONA WISATA YOGYAKARTA : Kuliner dan Jajanan Khas Tradisional

0 comments:

Post a Comment